Sejarah dan Definisi Multimedia
Sejarah Multimedia
Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik. Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection (AVC) dan video adhapter card ps/2. Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik. Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
Definisi Multimedia
Definisi Multimedia, multimedia terdiri dari dua kata
“multi” artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
atau membawakan sesuatu. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa
media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, animasi dan video. Multimedia dapat diartikan penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Definisi Multimedia menurut beberapa
ahli
1. Rosch, 1996: Multimedia adalah
Kombinasi dari komputer dan video
2. McComick, 1996: Multimedia adalah
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
3. Turban dan kawan-kawan, 2002:
Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.
Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar
4. Robin dan Linda, 2001: Multimedia
adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
5. Steinmetz (1995, p2): Multimedia
adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media
kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan
yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya
tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
6. Vaughan (2004, p1): Multimedia adalah
beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda
melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
7. Kombinasi dari paling sedikit dua media
input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002).
8. Multimedia dalam konteks komputer
menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
9. Multimedia sebagai perpaduan
antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan
pesan kepada publik (Wahono, 2007)
10.Multimedia merupakan media elektronik
untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia kombinasi dari data text,
audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media
(format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap),
grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas
menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada publik.
Kategori
Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi
2 kategori, yaitu: Multimedia
Content Production dan Multimedia
Communication.
1. Multimedia Content Production adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
o Media
teks/tulisan
o Media
audio/suara
o Media
video
o Media
animasi
o Media
gambar
o Media
Interaktif
o Media
spesial effect
2. Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa),
seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment,
berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
o TV
o Radio
o Film
o Media
Cetak
o Musik
o Game
o Entertainment
o Tutorial
o Internet
Manfaat Multimedia
Multimedia memiliki manfaat yang
beragam, seperti penggunaan dibawah ini :
· Industri
Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia
untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial.
· Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk
menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali
dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun
dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
· Hiburan dan
seni rupa
Selain itu, multimedia ini berisi
banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek
khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana
permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi
dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk
berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
· Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan
untuk memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi seperti
ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi,
teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format
informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan
menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia.
· Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan
multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan
pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia sebagai desain
antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas
dan perangkat lunak.
· Perindustrian
Di sektor industri, multimedia
digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang
saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan
pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak
terbatas melalui web berbasis teknologi.
· Matematika
dan penelitian ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah,
multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang
ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan
memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat
ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
· Kesehatan
Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih
dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh
manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri dan kemudian
mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
· Gambar
Dokumen
Pengambil foto copy / dokumen dan
mengkonversi ke dalam format digital.
0 Response to "Sejarah dan Definisi Multimedia"
Post a Comment