Adab dalam Kehidupan Sehari-Hari


Menurut Al-Attas secara etimologi adab berasal dari bahasa Arab yaitu addaba-yu addibu yang berarti mendidik atau pendidikan. Sedangkan dalam bahasa Yunani, adab (etika) diambil dari kata ethicos atau ethos, yang artinya kebiasaan, perasaan batin, dan kecenderungan hati untuk melakukan suatu perbuatan.

Adab memiliki sebuah arti kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti. Adab erat kaitannya dengan akhlak atau perilaku terpuji. Adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun berdasarkan aturan agama. Norma tentang adab ini digunakan dalam pergaulan antarmanusia, antartetangga, dan antarkaum. Sebutan orang beradab sesungguhnya berarti bahwa orang itu mengetahui aturan tentang adab atau sopan santun yang ditentukan dalam agama Islam. Namun dalam perkembangannya, kata beradab dan tidak beradab dikaitkan dengan segi kesopanan secara umum dan tidak khusus digabungkan dalam agama Islam.

Berikut ini adalah adab yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Adab Meludah

“Jika seorang dari kalian ingin meludah, janganlah sekali-kali ia meludah ke arah depan atau ke arah kanan. Hendaklah ia meludah ke arah kiri atau di bawah telapak kaki sebelah kiri.” (HR. Bukhari no.408 & Muslim no.548)

“Barang siapa yang meludah ke arah kiblat. Ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan ludahnya diantara kedua matanya.” (HR. Abu Dawud no.3824, shahih dalam ash shahihah)

2. Adab Menguap
Adapun menguap, maka ia dari setan.

“Bila seorang menguap hendaklah ia menahan semampunya. Bila seorang menguap sampai keluar ucapan “haaah” setan akan memtertawakannya.” (HR. Al-Bukhari no.6223 & Muslim no.2994)

3. Adab Masuk Kamar Mandi
Berikut adalah beberapa adab yang perlu dilakukan saat akan memasuki kamar mandi:
- Membaca doa

“Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi:

- Masuk menggunakan kaki kiri, keluar kaki kanan
- Buang air jangan menghadap/membelakangi kiblat
- Jangan berlama-lama di kamar mandi
- Jangan boros air
- Sehabis kencing bilas sampai bersih

Rasulullah bersabda:

“Bersihkanlah diri kalian dari air kencing, karena sesungguhnya kebanyakan siksa kubur berasal darinya.” (HR. Ad-Daruqthni dalam sunannya no.459)

4. Adab makan dan minum
Berikut adalah adab yang dilakukan pada saat akan makan dan minum:
- Membaca doa sebelum dan setelahnya
- Makan dan minum dalam keadaan duduk
- Jangan meniupi makanan/minumam. Bila panas tunggu dingin/kipasi
- Makan dan minum menggunakan tangan kanan

5. Adab dan sunnah sebelum tidur
Berikut adalah adab yang dilakukan sebelum tidur:
- Membersihkan tempat tidur
- Berdzikir dan berdoa
- Membaca ayatul kursi
- Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-nas
- Membaca surat Al Mulk
- Membaca 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no.5009 & Muslim no.808)

Masih tentang tidur,

- “Jika engkau hendak tidur, maka berwudhulah dengan wudhu yang digunakan untuk shalat lalu berbaringlah pada sisi kanan.” (HR. Bukhari no.247, Muslim no.2710)

- Barang siapa yang mengucapkan ini ketika akan tidur:

Laa illaha illallah wahdahu laa syariika lah lahul mulku walahul hamdu wahua’ala kulli syai’in qodiir. Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil adziim. Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu Allahu akbar.

Akan diampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih-buih di lautan. (HR. Ibnu Hibbam, shahih)

“Barangsiapa menyampaikan satu ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggalkan), ia akan tetap memperoleh pahala.” (HR. Bukhari)

0 Response to "Adab dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel