RPL, Macam-Macam Text Editor dan Tools Pengembangan Web


Macam - Macam Text Editor

Text editor identik dengan software atau perangkat yang digunakan untuk mengetikan kode dalam pembuatan sebuah web. Pada dasarnya, text editor merupakan tempat meletakkan barisan-barisan kode. Software text editor yang sering digunakan untuk pemrograman web, yaitu sebagai berikut.

a. Adobe Dreamweaver
Adobe dreamweaver merupakan text editor yang paling sering digunakan dan bisa multi-tab. Tampilannya menarik dan tidak terlalu memakan banyak memori personal computer (PC). Namun, software ini berbayar.

b. ATPad
ATPad adalah pengganti dari Notepad standar. Fitur-fitur di dalamnya antara lain multi-tab, tampilan editornya dapat disesuaikan, terdapat garis penomoran, Recent Document, Bookmark, Reload on-Demand, Change Tracking, Reloading Interval, serta Portability.

c. Crimson Editor
Crimson Editor merupakan free text editor yang berfungsi sebagai pengganti yang baik untuk Notepad. Crimson Editor juga menawarkan banyak fitur canggih untuk Bahasa pemrograman, seperti HTML, C/C++, Perl, dan Java.

d. EditPad Lite
EditPad diterjemahkan sebagai suatu free text editor yang menyajikan banyak aspek di luar Window Notepad. Ada beberapa fitur EditPad Lite, diantaranya sebagai berikut.
- Tidak memiliki Batasan untuk ukuran file atau panjang baris teks.
- Multi-tabs untuk membuka beberapa tab sekaligus.
- Mendukung terhadap berbagai jenis Bahasa.

e. Netbeans
Netbeans cukup baik untuk coding web, tetapi tidak direkomendasikan untuk personal computer (PC) yang memiliki memori kecil (standar) karena akan membuat proses yang memakan memori cukup besar.

f. Notepad
Notepad adalah editor asli bawaan dari Windows/Microsoft. Pengguna Operating System Windows pasti sudah terbiasa melihat atau menggunakan aplikasi ini. Biasanya, untuk pemula direkomendasikan menggunakan notepad karena prosesnya yang harus serba manual mengajarkan kita cara menghafal penempatan coding-coding / website maintenance.

g. Notepad ++
Notepad ++ adalah sebuah text editor yang dapat dioperasikan di system operasi Windows. Notepad ++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyunting text dan berkas kode sumber berbagai bahawa pemrograman.

h. Sublime Text
Sublime text adalah sebuah text editor yang sangat canggih untuk coding, markup, dan lain-lain. Sublime text adalah sebuah syntax editor yang menggunakan python.


Tools Pengembangan Web
Tools (peralatan) identik dengan perangkat lunak yang atau software digunakan dalam proses pengembangan website. Tools dalam mengembangkan aplikasi menjadi bagian penting karena sangat membantu dan mempersingkat proses pengembangan. Pemilihan tools yang tepat tentu memberi keuntungan bagi developer karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan pekerjaan cepat selesai. Beberapa tools pengembang web yang sering digunakan, yaitu sebagai berikut.

a. Adobe Edge Inspect (http://html.adobe.com/edge/).

b. Firebug (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/firebug/).

c. Loren Ipsun (http://www.lipsum.com/).

d. FaviCon Generator (http://tools.dynamicdrive.com/favicon/).

0 Response to "RPL, Macam-Macam Text Editor dan Tools Pengembangan Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel