Modul Multimedia, Teknik Pembuatan Objek Animasi 2D


B. Teknik Pembuatan Objek Animasi 2D

Objek pada Adobe Flash terdiri dari dua bagian yaitu outline/stroke dan fill. Outline/stroke merupakan bagian terluar dari objek tersebut, sementara fill adalah bagian dalam dari objek tersebut yang biasanya berisi warna atau gambar. Objek yang dapat dibuat pada Aplikasi Adobe Flash Professional diantaranya adalah garis, kotak, lingkaran, dan lain sebagainya dengan menggunakan tool-tool yang terdapat pada toolbox.

1. Membuat Objek Garis
Garis adalah bentuk geometri atau objek yang terdiri dari titik yang bergerak. Garis hanya memiliki satu dimensi yaitu panjang. Untuk membuat objek garis pada Adobe Flash Professional dapat menggunakan Line Tool. Caranya adalah sebagai berikut.
a. Klik Line Tool yang terdapat pada panel toolbox, atau kalian dapat dengan menekan tombol (N) pada keyboard.
b. Setelah kursor berubah menjadi tanda (+), mulailah untuk membuat objek garis pada lembar kerja atau stage.
c. Lakukan pengaturan pada objek garis yang kalian buat hingga sesuai. Berikut adalah properties pada line tool beserta dengan fungsinya.
1) Stroke Color, digunakan untuk memberi warna garis.
2) Stroke Height, digunakan untuk mengatur ketebalan garis.
3) Style, digunakan untuk memilih jenis atau bentuk garis.
4) Cap, digunakan untuk menentukan ujung garis.

2. Membuat Objek Persegi
Untuk membuat objek persegi pada Adobe Flash Professional, gunakan Rectangle Tool. Caranya adalah sebagai berikut.
a. Klik Rectangle Tool yang terdapat pada panel toolbox, atau kalian dapat dengan menekan tombol (R) pada keyboard.
b. Setelah kursor berubah menjadi tanda (+), mulailah untuk membuat objek persegi pada lembar kerja atau stage. Gambarlah sesuai dengan yang kalian inginkan.
c. Lakukan pengaturan pada objek persegi yang kalian buat hingga sesuai. Berikut adalah properties pada Rectangle tool beserta dengan fungsinya.
1) Fill Color, digunakan untuk memberikan warna pada objek.
2) Rectangle Corner Radius, digunakan untuk mengatur kelengkungan sudut kotak.

3. Membuat Objek Lingkungan
Membuat objek lingkaran pada Adobe Flash dapat menggunakan Oval tool. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Klik Oval tool yang terdapat pada panel toolbox, atau kalian dapat dengan menekan tombol (O) pada keyboard.
b. Setelah kursor berubah menjadi tanda (+), mulailah untuk membuat objek lingkaran pada lembar kerja atau stage. Gambarlah sesuai dengan yang kalian inginkan.
c. Lakukan pengaturan pada objek lingkaran yang kalian buat hingga sesuai. Berikut adalah properties pada Oval tool beserta dengan fungsinya.
1) Start Angle, digunakan untuk memotong oval dari batas awal objek.
2) End Angle, digunakan untuk memotong oval dari batas akhir objek.
3) Inner Radius, digunakan untuk membentuk potongan dari pusat objek.

4. Membuat Objek PolyStar
Untuk membuat obyek polyStar pada Adobe Flash dapat menggunakan PolyStar tool. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Klik PolyStar tool yang terdapat pada panel toolbox.
b. Setelah kursor berubah menjadi tanda (+), lakukan pengaturan pada objek polystar yang kalian buat hingga sesuai. Berikut adalah properties pada PolyStar tool beserta dengan fungsinya.
1) Style, digunakan untuk memilih jenis polygon atau star.
2) Number of Sides, digunakan untuk mengatur jumlah sisi yang akan digunakan pada polystar tool.
3) Star Point Size, digunakan untuk mengatur ketajaman sudut pada objek bintang.
c. Setelah pengaturan selesai, mulailah untuk membuat objek polystar pada lembar kerja atau stage.

5. Menggunakan Fasilitas Adobe Flash untuk Menggambar Objek
Fasilitas pada Adobe Flash yang dapat digunakan untuk menggambar objek diantaranya adalah melengkungkan garis objek, brush, spray brush, deco, dan sebagainya.
a. Melengkungkan garis dapat dilakukan dengan selection tool atau tekan V pada keyboard.
b. Membuat objek dengan brush dapat dilakukan dengan menggunakan brush tool atau tekan B pada keyboard. Selain untuk membuat objek, brush juga dapat digunakan untuk mewarnai objek.
c. Spray brush digunakan untuk membuat percikan objek. Untuk menggunakan spray brush dengan cara mengaktifkan spray brush tool atau tekan B pada keyboard. Spray brush tool juga dapat diubah dengan menggunakan simbol yang diinginkan.
d. Deco merupakan fasilitas yang dapat memberikan dekorasi pada objek ataupun animasi. Membuat dekorasi dengan deco dapat dilakukan menggunakan deco tool atau tekan U pada keyboard.

Perhatikan langkah-langkah pembuatan objek dengan fasilitas Adobe Flash berikut.
a. Buka aplikasi dengan cara klik dua kali pada shortcut Adobe Flash Professional.
b. Setelah stage atau area kerja siap, buatlah objek star/bintang dengan cara klik PolyStar tool.
c. Selanjutnya klik Selection tool atau tekan V pada keyboard.
d. Arahkan mouse/pointer pada salah satu garis yang akan dilengkungkan. Drag (klik-tahan) dan geser hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
e. Selanjutnya lakukan pewarnaan objek dengan menggunakan brush tool. Langkah-langkahnya adalah klik Brush tool atau tekan B pada keyboard. Atus ukuran brush size dan brush mode dengan memilih Paint Fills.
f. Warnailah objek tersebut hingga penuh.
g. Selanjutnya gunakan Spray brush tool untuk mewarnai area di sekitar bintang yang telah kalian buat. Aktifkan Spray brush tool atau tekan B pada keyboard.
h. Pada panel Properties, aktifkan pilihan Random scaling agar ukuran spray berbeda-beda.
i. Drag (klik-tahan) dan geser pada stage hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.



0 Response to "Modul Multimedia, Teknik Pembuatan Objek Animasi 2D"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel