Contoh Soal PAS Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia


PAS adalah singkatan dari Penilaian Akhir Semester. PAS merupakan kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaran siswa selama satu semester. PAS bertujuan untuk mengetahui daya serap siswa terhadap kompetensi dasar yang telah dipelajari selam semester tersebut.

PAS dilaksanakan setiap akhir semester ganjil dan genap. PAS genap juga menjadi salah satu acuan untuk menentukan kenaikan kelas siswa. Jadwal pelaksanaan PAS dirilis oleh pemerintah daerah melalui kalender akademik setiap tahun ajaran. Sekolah di wilayah yang berbeda bisa melaksanakan PAS pada waktu yang berbeda.

Animasi 2D dan 3D adalah mata pelajaran yang mempelajari teknik menghidupkan gambar menjadi bergerak, dengan perbedaan utama pada dimeni yang digunakan:

Animasi 2D
teknik yang menghidupkan gambar statis menjadi bergerak dalam bentuk dua dimensi, yaitu panjang dan lebar. Animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi, lalu menghidupkannya dengan gerakan.

Animasi 3D
Teknik yang menciptakan gerakan dalam ruang tiga dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Animasi 3D memungkinkan objek dan karakter untuk memiliki volume, sehigga memberikan kesan yang lebih nyata dan mendalam. Animasi 3D dapat menciptakan efefk visual yang memukau dan lebih interaktif. Animasi 3D dapat digunakan untuk membuat gambar yang lebih jelas dan memberikan kesan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi, menghilangkan kebingungan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah contoh Soal PAS Animasi 2D dan 3D.

1. Animasi pemudaran dalam aplikasi Flash disebut…
a. Animasi masking
b. Animasi rotasi
c. Animasi shape
d. Animasi fade
e. Animasi tradisional

2. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan adalah…
a. Animasi
b. Animanim
c. Puppeters
d. Animootion
e. Stopmotion

3. Fungsi dari adanya prinsip dasar animasi adalah…
a. Dapat meningkatkan jumlah penonton
b. Agar animasi yang dibua lebih efektif
c. Meminimalkan waktu pengerjaan suatu animasi
d. Meminimalisir kesalahan dalam pembuatan animasi
e. Agar setiap animasi yang dibuat terlihat menarik, dramatis, dan karakter mampu melakukan gerakan yang terlihat nyata

4. Teori The Persistance of Vision dikemukakan oleh…
a. Robert Maurer
b. Roy O. Disney
c. Paul Roget
d. Thomas Alfa Edison
e. Joseph Plateu

5. Proses membuat sebuah animasi bergerak dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru, disebut…
a. Framing
b. Shaping
c. Tweening
d. Inbetweening
e. Shading

6. Prinsip animasi yang memberikan efek tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak adalah…
a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Follow throught
d. Staging
e. Arcs

7. Sebuah alat sederhana berupa piringan yang berisi gambar dan di sisi lain terdapat kepingan dengan lubang-lubang di sekitarnya, disebut dengan…
a. Flip book
b. Thauatrope
c. Proyektor
d. Zoetrope
e. Phenakistoscope

8. Metode pembuatan animasi secara berurutan dari gambar pertama, kedua, dan seterusnya hingga menunjukkan satu rangkaian gerakan yang sangat jelas maksud dan tujuannya adalah prinsip…
a. Arcs
b. Pose to pose
c. Solid drawing
d. Straight ahead
e. Staging

9. Gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang selanjutnya akan membentuk suatu objek atau gambar, disebut dengan…
a. Gambar raster
b. Gambar bitmap
c. Gambar vektor
d. Gambar JPEG
e. Gambar resolusi rendah

10. Melakukan konversi gambar manual menjadi gambar digital adalah pengertian dari…
a. Scanning
b. Tracing
c. Riset
d. Dasar desain karakter
e. Timing

11. Teknik pembuatan animasi di mana proses pembuatan gambar dan proses pergerakan animasinya hingga pengisian suara dibantu dengan komputer dan perangkat lunak khusus disebut dengan teknik…
a. Celluloid
b. Computing 2D
c. Computing 3D
d. Bayangan
e. Modeling

12. Gambar bitmap memiliki ciri-ciri…
a. Tampilan gambar yang dihasilkan terlihat nyata dan natural
b. Dibentuk dari kombinasi objek-objek yang bersifat individu yang terdiri atas garis, warna, dan juga titik
c. Ukuran file-nya relative kecil
d. Gambar tidak akan pecah apabila diperbesar
e. Pada saat ditampilkan ke layar monitor, membutuhkan waktu yang cukup lama

13. Bagian pada jendela Adobe Flash Professional yang berisi tool-tool untuk membuat, mengatur, dan mendesain objek, adalah…
a. Color panel
b. Panal palette
c. Property
d. Toolbox
e. Jendela utama

14. Tempat di mana objek diletakkan, tempat menggambar, dan tempat menganimasikan gambar pada Adobe Flash Professional disebut dengan…
a. Panel
b. Timeline
c. Property inspector
d. Frame
e. Stage

15. Bagian terluar dari suatu objek disebut…
a. Fill
b. Stroke
c. Line
d. Cap
e. Hairline

16. Format file standar dari Adobe Flash adalah…
a. SWF
b. PSD
c. CDR
d. FLA
e. EXE

17. Stroke height pada panel properties line tool berfungsi untuk…
a. Memberi warna
b. Memilih jenis atau bentuk garis
c. Mengatur ketebalan garis
d. Menentukan ujung garis
e. Mengatur kelengkungan sudut

18. Teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap disebut…
a. Hand drawn animation
b. Tweening
c. Animasi clay
d. Animasi theme
e. Animasi cut out

19. Komponen pada Adobe Flash yang diibaratkan sebagai tumpukan lembaran yang transparan dan berfungsi untuk pengaturan kerja, animasi, serta elemen lainnya adalah…
a. Frame
b. Keyframe
c. Blank keyframe
d. Layer
e. Properties

20. Teknik membuat pergerakan animasi dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan keyframe akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame secara otomatis adalah…
a. Classic tween
b. Motion tween
c. Tweening
d. Frame by frame
e. Keyframe by keyframe

21. Untuk membuat sebuah keyframe, perintah yang dilakukan adalah…
a. Klik kanan frame à insert keyframe
b. Klik kanan frame à convert to keyframe
c. Klik kanan pada objek à insert keyframe
d. Modify à insert keyframe
e. Klik pada objek à insert blank keyframe

22. Bagian timeline panel yang berfungsi untuk menentukan durasi animasi dari sebuah objek adalah…
a. Motion editor
b. Keyframe
c. Frame
d. Layer
e. Blank keyframe

23. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah di tentukan adalah…
a. Stop motion
b. Tweening
c. Puppeteer
d. Animasi
e. Scene

24. Keyframe yang berisi objek akan ditandai dengan…
a. Garis panah
b. Bulatan berwarna hitam
c. Kotak berwarna putih
d. Kotak berwarna hitam
e. Lingkaran berwarna putih dengan garis berwarna hitam

25. Untuk dapat menggunakan shape tween, objek yang dianimasikan harus berjenis…
a. Graphic
b. Objek
c. Movie clip
d. Shape
e. Symbol

26. Animasi yang memiliki gerak sesuai dengan jalur yang kita buat disebut…
a. Frame by frame
b. Free transform
c. In between frame
d. Motion guide
e. Shape guide

27. Untuk membuat perubahan animasi posisi objek, ukuran objek, atau mengubah visibilitas seperti kecerahan atau kedalaman warna objek, hal yang dilakukan yaitu…
a. Create classic tween
b. Create motion tween
c. Create motion guide
d. Create shape tween
e. Create classic motion guide

28. Bentuk pelukisan gambaran tentang objek yang ditampilkan dalam suatu cerita yang berkaitan dengan penampilan dan kesan secara visual dan berfungsi sebagai pembawa dan penyampai pesan kepada penonton adalah…
a. Objek
b. Warna
c. Karakter
d. Ide karakter
e. Sifat karakter

29. Di bawah ini yang bukan termasuk ke dalam tahap pembuatan karakter animasi 2D adalah…
a. Pengembangan karakter
b. Membuat animasi gerak
c. Menemukan ide cerita
d. Melengkapi desai karakter
e. Mendesain karakter bebas

30. Untuk memasukan file gambar atau sketsa ke dalam lembar kerja Adobe Flash, menggunakan menu…
a. Insert scene
b. Publish
c. File info
d. Import to stage
e. Library

31. Tools yang digunakan untuk pewarnaan fill objek pada Adobe Flash adalah…
a. Color mixer
b. Color swatches
c. Brush
d. Ink bottle tools
e. Paint bucket tool

32. Metode pembuatan karakter dengan pendekatan yang lebih tradisional di mana animator menggambar karakter kunci yang mereka butuhkan untuk setiap adegan disebut dengan…
a. Character library
b. Design library
c. Character layout
d. Premade
e. Library premade

33. Dibawah ini yang tidak menjadi hal yang harus di perhatikan agar desain karakter animasi menarik adalah…
a. Menggunakan metode character library
b. Tampilan yang cool dan lucu
c. Ekspresi wajah yang luar biasa
d. Ciri-ciri fisik yang lebay
e. Property dan aksesori yang unik

34. Tools pewarnaan pada Adobe Flash yang berfungsi untuk memberikan warna pada garis (stroke) adalah…
a. Color Mixer
b. Color Swatches
c. Paint Bucket Tools
d. Brush Tools
e. Ink Bottle Tools

35. Teknik animasi yang digunakan untuk membuat animasi stop motion dengan cara membuat potongan gambar sesuai dengan bentuk yang diinginkan adalah jenis teknik animasi…
a. Animasi objek
b. Animasi siluet
c. Animasi grafis
d. Animasi cut out
e. Animasi clay

36. Animasi stop motion yang menggunakan tokoh boneka atau wayang (dapat pula berbentuk gambar digital) sebagai objek animasinya disebut dengan…
a. Animasi puppet
b. Animasi grafis
c. Animasi pixilation
d. Animasi siluet
e. Animasi clay

37. Teknik animasi yang terdiri dari potongan-potongan gambar yang disusun saling berhubungan satu sama lain sehingga menghasilkan suatu gerakan disebut…
a. Puppeteer
b. Tweening
c. Motion guide
d. Keyframe by keyframe
e. Stop motion

38. Dalam membuat elemen gambar puppeteer disarankan untuk selalu membuat layer di atasnya. Panel yang digunakan untuk menambahkan layer tersebut adalah…
a. Properties
b. Timeline
c. Library
d. Modify
e. Motion editor

39. Suatu ide atau gagasan peralihan/perpindahan kedudukan elemen karakter puppeteer dari posisi dan kedudukan awal hingga akhir disebut…
a. Animasi puppeteer
b. Stickman
c. Konsep gerakan
d. Rangkaian gerak animasi
e. Konsep animasi

40. Shortcut key untuk test movie pada flash setelah kita membuat animasi gerak digital puppeteer adalah…
a. CTRL+J
b. F9
c. CTRL+Enter
d. ALT+F8
e. CTRL+Z

41. Berikut yang tidak termasuk di dalam siklus gerak jalan manusia adalah…
a. Slink
b. Recoil
c. Contact
d. Passing
e. Hight point

42. Fitur pada Adobe Flash yang berfungsi sebagai tulang, dan dapat mengaitkan atau menggerakan elemen gambar puppeteer selayaknya sendi pada tulang adalah…
a. Eyedropper tool
b. Bone tool
c. Bind tool
d. Lasso tool
e. Armature tool

43. Layer yang tercipta setelah kita memberikan bone tool pada suatu objek adalah…
a. Mask
b. Armature
c. Guide
d. Bone
e. Inverse Kinematics

44. Salah satu komponen animasi yang cukup penting biasanya terletak di belakang objek utama yang digunakan untuk memberikan dekorasi visual terhadap sebuah elemen sehingga dapat meningkatkan kemudahan nalar atau pengertian akan sebuah konten adalah…
a. Gambar latar
b. Efek animasi
c. Layer
d. Movie clip
e. Graphic

45. Perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek gambar latar disebut prinsip…
a. Komposisi
b. Keseimbangan
c. Kesatuan
d. Perspektif
e. Proporsi

46. Gambar latar yang menampilkan objek realistis dengan penekanan setting alam disebut dengan…
a. Gambar latar abstraktif
b. Gambar latar naturalis
c. Gambar latar ekspresif
d. Gambar latar realistis
e. Gambar latar dinamis

47. Gambar latar dapat berupa gambar latar statis dan gambar latar dinamis. Gambar latar statis berarti…
a. Gambar latar bergerak
b. Gambar latar diam
c. Gambar latar digital
d. Gambar latar dengan teknik animasi
e. Gambar latar dengan menggunakan teknik tweening

48. Tokoh animator yang memperkenalkan 12 prinsip dasar animasi yaitu…
a. Thomas dan Ollie Johnston
b. Christiawan Li
c. Warner Bros
d. Tim Burton
e. Joseph Barbera

49. Prinsip pergerakan tambahan pada animasi yang bertujuan untuk memperkuat gerakan utama agar animasi tampak lebih realistik adalah pengertian dari prinsip…
a. Arcs
b. Appeal
c. Exaggeration
d. Secondary action
e. Slow in and slow out

50. Animasi seseorang yang akan menendang bola, sebelum kaki maju harus ada gerakan mundur terlebih dahulu. Maka animasi tersebut menggunakan prinsip…
a. Staging
b. Pose to pose
c. Anticipation
d. Squash and stretch
e. Overlapping action

0 Response to "Contoh Soal PAS Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel