Cara Defrag pada Laptop atau PC Windows 8 dan 10


Defrag adalah proses pengelompokkan file berdasarkan jenis yang sama dan disimpan di tempat yang sama, defrag digunakan untuk membantu mengembalikan file-file ke tempatnya masing-masing. Defrag akan membantu mengembalikan file-file ke tempatnya masing-masing. Tempat yang dimaksud bukan merapikan ke dalam folder, tetapi kembali ke lokasi file dalam sektor hardisk.

Selama penggunaan laptop, pasti banyak file yang sudah tersebar di banyak bagian hardisk. File-file ini sudah tercampur aduk dan memakan banyak ruang daripada yang seharusnya. Hal tersebut menimbulkan permasalahan yang paling sering terjadi yaitu, performa laptop atau PC yang melambat. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya karena file-file yang ada di dalam laptop atau PC tidak diorganisir secara baik, untuk itu perlunya dilakukan defrag pada laptop atau PC dalam jangka waktu tertentu.

Manfaat yang akan didapatkan detelah melakuan proses defrag adalah memberikan banyak ruang di hard drive. Selain itu Laptop atau PC juga menjadi lebih stabil dan secara keseluruhan bekerja secara optimal. Defrag adalah salah satu cara yang paling aman dan sederhana untuk merawat hard drive dan memastikan Laptop atau PC bekerja secara optimal.

Periksa terlebih dahulu untuk memastikan versi windows apa yang digunakan oleh Laptop atau PC. Windows yang lebih lama akan merujuk defraging sebagai "Disk Defragmenter". Sementara versi windows terbaru, merujuk proses defrag sebagai "Optimize disk".

Berikut ini adalah cara defrag pada Laptop atau PC windows 8 dan 10:

1. Klik "Start" di sudut kiri bawah layar dan ketik kata "defrag" pada pencarian.


2. Setelah pencarian selesai, klik "Defragment and Optimize Drives" dan pilih drive yang ingin di defrag.


3. Klik "Optimize".


Dalam proses ini, Laptop atau PC akan menganalisis tingkat fragmentasi disk dan meluncurkan proses defragmentasi

4. Proses ini akan memakan waktu beberapa jam. Selama proses berlangsung, pastikan untuk tidak melakukan banyak pekerjaan pada Laptop atau PC.



0 Response to "Cara Defrag pada Laptop atau PC Windows 8 dan 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel