Komunikasi Massa (Suatu Pengantar)


Sebuah kalimat, “hidup ini dikendalikan media massa”, kalimat yang tidak dapat di pungkiri bila melihat animo individu atau masyarakat terhadap berbagai program komunikasi melalui media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi dan film. Belum lagi munculnya media online (internet). Sejak bangun tidur, melakukan aktivitas harian, sampai tidur kembali kita tidak lepas dari terpaan atau menerpakan diri terhadap media massa.

Dalam era kompetisi, era komunikasi, era perang citra atau lebih dikenal dengan istilah era globalisasi, informasi menjadi suatu hal yang tidak dapat dibendung lagi. Setiap orang tidak dapat terhindar dari terpaan bahkan menerpakan dirinya kepada media massa cetak dan elektronik, termasuk pada media online (internet) sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi yang sudah ada.

Pesan-pesan komunikasi melalui media massa yang dulu bersifat linier atau satu arah, kini dapat bersifat interaktif, dengan perpaduan berbagai teknologi komunikasi seperti telepon, satelit, computer, dan lainnya, komunikasi interaktif media online atau internet, teleconference atau video conference.

Pada buku Komunikasi Massa (Suatu Pengantar) terdiri dari 10 bab sebagai berikut:

Bab 1 Pendahuluan, mengupas tentang pengertian komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, peranan komunikasi massa, fungsi komunikasi massa bagi masyarakat, dan bagaimana orang menggunakan media massa.

Bab 2 Proses Komunikasi Massa, menguraikan pengertian proses komunikasi massa, komponen komunikasi massa, umpan balik komunikasi massa, efek komunikasi massa, dan dampak sosial komunikasi massa.

Bab 3 Teori dan Model Komunikasi Massa, menguraikan berbagai teori serta sejumlah contoh model dalam komunikasi massa.

Bab 4 Hambatan dan Komunikasi Massa, lebih menekankan pada hambatan psikologis, hambatan sosiokultural dan hambatan interaksi verbal.

Bab 5 Bentuk-Bentuk Media Massa, mencakup surat kabar, majalah, radio, televisi, film, serta komputer dan internet.

Bab 6 Sistem Media Massa, memaparkan mengenai teori pers, media massa dan sistem pemerintahan, riset khalayak.

Bab 7 Riset Komunikasi Massa, memaparkan riset khalayak dan pemuka pendapat.

Bab 8 Public Relations, membahas tentang perkembangan public relations, public relations dan media massa, bidang praktis public relations, profesionalisme public relations dan public relations on the internet.

Bab 9 Etika Komunikasi Massa, memaparkan berbagai aspek yang terkait dalam etika komunikasi massa meliputi tanggung jawab, kebebasan pers, masalah etis, ketepatan dan objektivitas, dan tindakan adil untuk semua orang.

Bab 10 Literasi Media, mencakup budaya melek huruf, revolusi Gutenberg, teknologi komunikasi modern, serta literasi media.

0 Response to "Komunikasi Massa (Suatu Pengantar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel